Contoh Soal HOTS USBN SMP 2019 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Terbaru

Contoh Soal HOTS USBN SMP 2019 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Terbaru



I.         PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang tersedia!
1.        Bacalah teks berikut!
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, membenarkan ada wacana untuk membedakan tarif parkir berdasarkan zonasi. Jika wacana tersebut terlaksana, tarif parkir di tengah kota akan lebih mahal daripada daerah penyangga. Kawasan tengah kota akan menjadi ring satu.

Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A.    suatu area yang telah mempunyai kewenangan sendiri
B.     jenis kendaraan yang masuk ke area parkir umum
C.     peningkatan tarif parkir berdasarkan jenis kendaraan
D.    pembagian suatu areal menjadi beberapa bagian sesuai fungsinya

2.        Bacalah teks berikut!
Mohammad Mahfud tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Hukum UII pertama yang meraih gelar doktor pada tahun 1993. Dia meloncat mendahului mantan dosen dan senior-seniornya di UII. Didukung oleh karya tulisnya yang sangat banyak, baik dalam bentuk buku, jurnal, maupun makalah ilmiah, dari Lektor Madya, Mahfud melompat lagi, langsung menjadi Guru Besar. Jika dihitung dari awal menjadi dosen sampai meraih gelar guru besar, Mahfud hanya membutuhkan waktu 12 tahun. Dengan rentang waktu tersebut, Mahfud memegang rektor tercepat dalam sejarah pencapaian gelar Guru Besar. Padahal, umumnya seseorang bisa merengkuh gelar Guru Besar minimal membutuhkan waktu 20 tahun sejak awal kariernya.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A.       Mohammad Mahfud meraih gelar doktor 1993.
B.       Mohammad Mahfud menjadi dosen tetap Fakultas Hukum UII.
C.       Meraih gelar Guru Besar sebagai rektor tercepat dalam sejarah.
D.       Karya tulisnya sangat banyak, baik dalam bentuk buku maupun CD.

3.        Bacalah teks biografi berikut!
Seto Mulyadi atau biasa dikenal sebagai Kak Seto lahir di Klaten, 28 Agustus 1951.Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro.Ia juga menjabat ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak.Berawal dari kematian adiknya saat berumur tiga tahun akibat penyakit campak membuat Seto mulai menekuni dunia anak.Berbagai pengalaman pernah dirasakan yaitu menjadi pengaduk semen, tukang batu, dan tukang parkir pada saat mulai di Jakarta.

Hal yangpatut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A.       penyayang terhadap sesama
B.       bekerja keras dalam kehidupannya
C.       siap prihatin dalam membawakan acara
D.       menjadi ketua Komite Perlindungan Anak
4.        Bacalah paragraf laporan berikut!
1)Kota Jambi hingga kini masih sering mengalami krisis air bersih. 2) Krisis air bersih tersebut terutama memuncak ketika debit air Sungai Batanghari menurun pada musim kemarau. 3) Penurunan debit air Sungai Batanghari menurun berpengaruh terhadap produksi air bersih PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. 4) Penurunan debit air Sungai Batanghari pada musim kemarau bisa saja diatasi dengan memanfaatkan Danau Sipin Kota Jambi sebagai bahan baku PDAM Tirta Mayang.           

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)

5.        Bacalah bagian teks berikut!
Materi yang terdapat dalam buku ini mempunyai banyak manfaat bagi pembacanya. Materi tersebut disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, cara pembuatan dan pemanfaatan kompos disajikan secara komplet.

Kutipan teks ulasan tersebut menyajikan bagian ....
A.    identitas buku
B.     tafsiran buku
C.     kelebihan buku
D.    kelemahan buku

6.        Bacalah paragraf berikut!
Mangga termasuk tanaman buah tropis, tetapi dia justru tidak menyukai kelembaban dan curah hutan yang tinggi.Mangga tanaman buah dengan tingkat ketergantungan tinggi pada agroklimat.Ada tanaman buah yang tidak begitu tergantung pada faktor agroklimat, misalnya nangka dan alpukat.Hampir tidak ada tanaman yang dapat seratus persen bebas dari faktor agroklimat, kecuali tanaman itu dibudidayakan dalam green house.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A.       tidak ada tanaman yang tergantung pada agroklimat
B.       tanaman mangga sangat tergantung pada agroklimat
C.       nangka dan alpukat tidak begitu tergantung pada agroklimat
D.       mangga tidak menyukai kelembaban dan curah hujan yang tinggi







7.        Bacalah teks berikut!
Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara langsung saat gerhana matahari dapat menyebabkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yang dimaksud gerhana matahari adalah sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada saat itu bulan akan melintas di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari karena matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak membuat mata menjadi buta. Ini sesuai dengan pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari total secara langsung menyebabkan kebutaan merupakan mitos modern.

Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A.   Melihat matahari saat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan.
B.    Gerhana matahari merupakan fenomena alam tentang sejajarnya bumi, matahari, dan bulan.
C.    Ketika fase total gerhana, kemana matahari terlihat menjulur pada bagian tertentu.
D.   Melihat langsung matahari saat gerhana matahari tidak menyebabkan kebutaan.

8.        Baca kutipan teks berikut!
1)Pada mulanya, senam otak dimanfaatkan untuk anak yang mengalami gangguan, seperti hiperaktif, kerusakan otak, sulit konsentrasi, dan depresi. 2) Namun dalam perkembangannya, setiap orang memanfaatkan brain gym untuk beragam kegunaan, terutama membuat gelombang otak menjadi alfa. 3) Saat ini, hampir di sekolah-sekolah terbaik di seluruh dunia, brain gym sedang digemari. 4) Brain gym dimanfaatkan di sekolah-sekolah karena banyak siswa dan guru yang merasa terbantu melepaskan stres, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan daya ingat.

Pernyataan yang menunjukkan persetujuan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)










9.        Bacalah teks berikut!
Banyak orang meyakini bahwa jus buah memiliki nutrisi yang sama dengan buah segar. Cairan yang dihasilkan dari jus buah mengandung sebagian besar nutrisi, seperti vitamin, serat, dan mineral yang ditemukan pada keseluruan buah. Namun, kandungan nutrisi tersebut akan berkurang ketika pembuatan jus.
Buah segar yang utuh dapat memberikan nutrisi lebih karena masih memiliki komponen buah utuh, yaitu kulit dan daging buah. Kulit buah sendiri memiliki manfaat untuk menurunkan risiko kanker dan membantu perlindungan terhadap sinar ultraviolet. Ketika buah diolah menjadi jus, kulit buah akan dihilangkan sehingga tidak memberikan manfaat penuh pada jus.

Ringkasan yang tepat teks tersebut adalah ….
A.    Jus buah lebih segar dan sehat  daripada buah segar karena di dalam jus terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.
B.     Jus buah mengandung nutrisi lengkap dan bermanfaat mencegah kanker serta melindungi kulit dari ultraviolet.
C.     Jus buah dan buah segar sama-sama bermanfaat membantu meindungi tubuh dari sinr ultraviolet dan memiliki jumlah nutrisi yang sama.
D.    Beberapa nutrisi pada buah yang dijus dapat berkurangketika proses pembuatan jus, sedangkan buah segar mengandung nutrisi lebih karena komponen buah masih utuh.

10.    Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Sabtu, 9 September 2017 Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, memberikan penghargaan kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat, Yudha M. Saputra, mewakili Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher). Aher mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Olahraga Daerah Berprestasi tahun 2017.Penghargaan tersebut diberikan pada puncak acara Haornas yang digelar di Stadion Moch. Soebroto, Magelang Jawa Tengah.
Teks 2
Alun-alun kota Magelang, Jawa Tengah menjadi tempat prosesi acara malam tirakatan jelang acara puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas). Menteri Pemuda dam Olahraga (Menpora). Imam Nahrawi, memimpin acara tersebut. Acara tersebut dimulai pukul 21.00 WIB dibalut penyatuan tanah dan air tersebut berasal dari sembilan puluh kabupaten dan kota di Indonesia yang dilewati oleh peserta Gowes Pesona Nusantara.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….

Teks 1
Teks 2
A
diawali unsur di mana
diakhiri unsur apa
diawali unsur di mana
diakhiri unsur bagaimana
B
diawali unsur kapan
diakhiri unsur di mana
diawali unsur di mana
diakhiri unsur bagaimana
C
diawali unsur kapan
diakhiri unsur bagaimana
diawali unsur di mana
diakhiri unsur mengapa
D
diawali unsur kapan
diakhiri unsur di mana
diawali unsur apa
diakhiri unsur mengapa
11.    Perhatikan teks berikut!
Setelah memilih beberapa buku yang akan dibeli: Tiara segera menuju kasir. Akan tetapi; dompet yang ada di dalam tasnya tidak ada. Tiara kaget bercampur marah karena ia telah kehilangan dompet.

Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks tersebut adalah…
A.  tanda titik (.) setelah kata dibeli dan tanda koma(,) setelah kata akan tetapi
B.   tanda titik dua (:) setelah kata dibeli dan tanda titik (.) setelah kata akan tetapi
C.   tanda koma (,) setelah kata dibeli dan tanda koma(,) setelah kata akan tetapi
D.  tanda hubung (-) setelah kata dibeli dan tanda koma (,) setelah kata akan tetapi

12.    Bacalah kutipan teks berikut!
1)         Buku Budi Daya Tanaman Bawang Merah ditulis oleh Sugiarto. 2) Buku setebal 51 halaman ini diterbitkan oleh Aneka Ilmu pada tahun 2002. 3) Isi buku ini dibahas dengan cukup jelas. 4) Namun, terdapat beberapa ilustrasi yang kurang jelas sehingga kurang menarik untuk dilihat.

Kalimat yang menyatakan kelebihan buku pada teks tersebut ditandai nomor ….
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)

13.    Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
     Andi rajin belajar. Setiap hari ia tidak lupa meyijihkan dua jam waktunya untuk belajar. Andi rajin belajar karena ingin pintar sehingga dapat meraih cita-citanya. Cita-cita Andi adalah menjadi seorang guru.
Teks 2
     Andi anak yang rajin. Tak lupa dia selalu belajar tiap harinya. Belajarnya enggak lama sih, paling satu jam setiap harinya. Andi belajar untuk meraih cita-citanya sebagai seorang guru.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A
mudah dipahami
berbelit-belit
B
efektif
berbelit-belit
C
resmi
santai
D
baku
tidak baku





14.    Bacalah kutipan cerpen berikut!
1)Dia mengendarai sepeda motornya dengan perasaan tidak nyaman. 2) Cicilan bulan ini sebentar lagi jatuhtempo dan sudah pasti tidak akan dibayar. 3) Dia hanya punya waktu dua bulan lagi untuk mengumpulkan pelunasannya kalau tidak ingin sepeda motor itu ditarik oleh perusahaan pembiayaan. 4) Sakim mulai menimbang-nimbang kemungkinan untuk mengojek saja. 5) Tetapi dari mana uang pembayaran iuran pangkalan ojek itu?
6) Sepanjang pagi dihabiskannya berkeliling ke rumah teman-temannya, bertanya kalau-kalau ada lowongan pekerjaan. 7) Tetapi dari empat rumah yang dikunjunginya, dia dijawab dengan “tidak” atau gelengan kepala. 8) Sakim maklum bagi tamatan SMEA berumur empat puluh tahun tidak banyak lagi lowongan kerja formal tersisa.

Makna kata yang bercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.    pelunasan
B.     proses pembayaran
C.     batas waktu pembayaran
D.    pembayaran resmi

15.    Bacalah kutipancerpen berikut!
Kedua putranya yang sudah duduk di bangku SMP dan kelas enam SD tampaknya tidak berani mengajukan protes.Tetapi di meja makan mereka tidak ada yang bicara, kecuali melirik bergantian pada wajah mama dan papanya.Amran tetap bertahan dengan kebohongannya, sampai Ana putrid bungsunya menangis.Ia hanya berjanji pada putrinya bahwa besok akan segera membeli mobil lagi. Untuk itu ia minta Ana mau diantar pakai mikrolet ke sekolah, hanya untuk sekali saja.

Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah di ....
  1. dalam sekolah
  2. ruang makan
  3. toko mobil
  4. dalam mikrolet














Perhatikan kutipan fabel di bawah ini untuk soal nomor 16 dan 17!
Dua ekor kambing berjalan dengan gagahnya dari arah yang berlawanan di sebuah pegunungan yang curam, saat itu secara kebetulan mereka secara bersamaan masing-masing tiba di tepi jurang yang dibawahnya mengalir air sungai yang sangat deras. Sebuah pohon yang jatuh, telah dijadikan jembatan untuk menyeberangi jurang tersebut. Pohon yang dijadikan jembatan tersebut sangatlah kecil sehingga tidak dapat dilalui secara bersamaan oleh dua ekor tupai dengan selamat, apalagi oleh dua ekor kambing. Jembatan yang sangat kecil itu akan membuat orang yang paling berani pun akan menjadi ketakutan. Tetapi kedua kambing tersebut tidak merasa ketakutan. Rasa sombong dan harga diri mereka tidak membiarkan mereka untuk mengalah dan memberikan jalan terlebih dahulu kepada kambing lainnya.
Saat salah satu kambing menapakkan kakinya ke jembatan itu, kambing yang lainnya pun tidak mau mengalah dan juga menapakkan kakinya ke jembatan tersebut. Akhirnya, keduanya bertemu di tengah-tengah jembatan. Keduanya masih tidak mau mengalah dan malahan saling mendorong dengan tanduk mereka.Akhirnya, kedua kambing tersebut jatuh ke dalam jurang dan tersapu oleh aliran air yang sangat deras di bawahnya.

16.    Paragraf  kedua pada kutipan fabel di atas merupakan bagian alur....
A.       perkenalan
B.       klimaks
C.       peleraian
D.       selesaian

17.    Amanat dari kutipan fabel di atas adalah....
A.       jangan suka meremehkan orang lain
B.       lebih baik mengalah daripada mengalami nasib sial
C.       jangan suka memerebutkan sesuatu yang tidak jelas
D.       rasa sombong bisa mencelakakan diri sendiri dan orang lain
















18.    Bacalah kutipan berikut ini!
Sang macan tutul menunjuk sang keledai untuk membagi hewan-hewan itu “Keledai silahkan kau bagi makanan-makanan itu” Perintah sang macan tutul lalu keledai itu menghitung dengan cermat hewan tangkapan itu, setelah sang keledai menghitung dia membagikan hewan-hewan itu secara adil dengan membagi tiga bagian yang sama banyak. Melihat pembagian itu sang macan tutul sangat marah kemudian dia menerkam sang keledai hingga keledai itu mati dan kini tumpukan makanan telah bertambah. Kemudian sang macan tutul menoleh ke arah anjing gunung “Sekarang kamu bagikan hewan-hewan itu”. Perintahnya dengan marah, kini sang anjing gunung mendekati makanan itu dia menumpukkan kembali hewan-hewan yang telah dibagikan oleh sang kedelai menjadi tumpukan yang besar kemudian dia menggigit seekor kelinci di mulutnya untuk dirinya sendiri, itupun hanya seekor kelinci yang dagingnya sangat kecil dan tidak begitu berarti untuk sang macan tutul.

Penyebab konflik dalam kutipan fabel di atas adalah....
A.       Macan tutul menginginkan hasil buruan yang lebih banyak.
B.       Keledai tidak menjalankan perintah macan  tutul dengan baik.
C.       Hasil buruan kurang banyak sehingga keledai dijadikan tambahannya
D.       Menurut macan tutul, keledai membagi hasil buruan secara tidak adil.

19.    Bacalah teks berikut!
“Nis, maafin aku kalau ada salah” ucap Yola kepada Nisa di hadapan teman-temannya. Ia menguatkan diri menemui Nisa dan kawan-kawannya seorang diri.
“Hah? Sejak kapan Yola?” Nisa menatap Yola tidak percaya, begitu juga teman-teman lainnya.
“Yola baru belajar, Nisa. Maafin Yola kalau selama ini telah membuat Nisa sama teman-teman benci Yola,” suara parau Yola mengiang di telinga Nisa, jelas sekali ia menahan air matanya yang sudah menunggu untuk meluncur di pipinya.
Dalam hitungan sepersekian detik, Nisa memeluk Yola. Pelukan sahabat yang sudah lama ia tidak rasakan. Ia peluk sekuat-kuatnya sambil menangis. Mutia, Zsazsa, Tasya, dan Aisyah juga ikut memeluk tubuh Yola. Siapa yang tidak rindu dengan pelukan sahabat yang hangat?
Lia dan Fajar yang memperhatikan mereka dari balik dinding tersenyum bangga. Apalagi Fajar bisa membuat Yola tersenyum lagi. “Misi kita selesai Lia,” desisnya, Lia membalasnya dengan senyum. Hari itu juga, mereka bersahabat dengan baik kembali.

(Fitrah karya Zhilan Zhalila)

Simpulan isi kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Memberi maaf merupakan perbuatan mulia.
B. Fitrah dapat memecah belah persahabatan.
C. Setiap orang merindukan persahabatan sejati.
D. Hubungan persahabatan dapat dipulihkan kembali.

20.    Bacalah kutipan fabel berikut ini!
Semua hewan kesal dengan kesombongan si kelinci.Ia selalu membanggakan kecepatan larinya. Untuk menyadarkan kesombongannya, Karu, si kura-kura menantang kelinci lomba lari melewati empat bukit. Tanpa sepengetahuan kelinci, Karu menyuruh teman-temannya untuk bersiap di bukit pertama, kedua, dan ketiga, sedangkan ia bersiap di bukit keempat.
Pada saat lomba berlangsung, kelinci berlari sangat kencang. Namun, saat melewati bukit pertama ia heran, kenapa si Karu sudah berada di sana. Begitu pula di bukit kedua dan bukit ketiga.Si kelinci tidak tahu kalau ketiga kura-kura itu teman si Karu.Si kelinci semakin kaget karena si Karu sudah berada di bukit keempat dari tadi.Kelinci bingung dan malu kenapa si Karu yang lambat bisa mengalahkannya.

Makna simbol dari tokoh kelinci dalam fabel tersebut adalah....
A.       kekuatan      
B.       kesombongan
C.       permusuhan
D.       keserakahan

21.    Bacalah kutipanfabel berikut!
Pada suatu musim yang sangat kering, burung-burung sangat sulit mendapatkan air untuk diminum.Seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisikan sedikit air.Kendi tersebut tinggi dengan leher kendi sempit.Bagaimanapun burung gagak berusaha untuk mencoba meminum air yang berada di dalam kendi. Namun, ia tetap tidak dapat mencapainya. Burung gagak hampir putus asa.Ia hampir mati karena kehausan.
Tiba-tiba sebuah ide muncul dalam benaknya.Dia lalu mengambil kerikil yang berada disamping kendi. Kemudian, ia menjatuhkan kerikil itu ke dalam kendi satu per satu. Setiap kali burung gagak itu memasukkan kerikil ke dalam kendi, permukaan air dalam kendi berangsur-angsur naik dan bertambah tinggi.Akhirnya air di dalam kendi tersebut dapat dicapai oleh burung gagak.

Komentar yang sesuai isi kutipan fabel tersebut adalah ….
A.    Burung gagak malas untuk mencari air di sumber air.
B.     Burung gagak akan mendapatkan air jika kendi itu dijatuhkan.
C.     Seharusnya burung gagak pergi ke sungai atau danau untuk mendapatkan air.
D.    Burung gagak punya akal yang cerdik untuk mendapatkan air dari dalam kendi.










22.    Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen I
“Wah, tinggi sekali ya, Kak?” Dayat tercengang. Tiba-tiba Dayat melihat burung besar berwarna kuning kecoklatan sedang terbang melayang di atas mereka.
“Kak lihat! Burung itu besar dan gagah ya?” Dayat yang suka dengan burung langsung bersemangat.
“Bentuknya seperti burung garuda, lambang negara kita.”
“Itu burung elang jawa yang langka. Burung itu senang bersarang di pohon puspa karena tingginya,” Kak Wira lalu menjelaskan.
Dayat pun terkagum-kagum menyaksikan burung elang jawa itu. Ia kini paham, mungkin inilah yang dimaksud kegiatan mengasyikkan oleh kakaknya.
(Menanam Pohon Puspa karya Tyas K.W.)
Cerpen II
“Kamu nanti berangkat jam berapa, Ami?” tanya nenek.
“Jam delapan, Nek. Setelah beres semuanya, aku mau bersiap-siap,” jawabku yang tengah menyiapkan obat pagi untuk nenek.
“Kalau libur hati-hati ya. Apalagi di tengah kerumunan orang banyak, harus selalu jeli dan teliti. Jangan hanya bermain ponsel, hingga tidak tahu apa yang terjadi.”
“Iya, Nek. Aku pasti berhati-hati. Terima kasih atas peringatannya.”
Akhir-akhir ini memang marak terjadi tindak kriminalitas justru di tempat-tempat umum. Mulai dari pembunuhan terhadap anak balita, penyerangan membabi buta terhadap petugas stasiun, hingga banyak tertangkapnya orang yang membawa senjata tajam saat bepergian.
(Impianku karya Etih Nurhalimah)
         Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....

Cerpen I
Cerpen II
A.
terdapat kata ganti orang ketiga
terdapat kata ganti orang pertama
B.
kata-kata yang digunakan lugas
banyak menggunakan kata kias
C.
menggunakan majas hiperbola
menggunakan majas metafora
D.
banyak menggunakan kalimat langsung
tidak menggunakan kalimat langsung

23.    Bacalah kutipan kedua teks cerpen berikut!
Kutipan Cerpen 1
Kutipan Cerpen2
Bagian yang ditempuh dengan kereta api dari daerah New Mexico akhirnya membosankan juga: gurun-gurun dan tanah-tanah tandus belaka, sesekali rumah-rumah yang jauh terpencil-pencil serba miskin. Hanya pohon-pohon kaktus yang menjulang di atas tanah datar itu serta kincir-kincir angin yang berserak di sana-sini untuk memompa air dari bawah tanah yang kering itu, merupakan selingan jelita.
Seperti bunga kecepiring, muka dan kulitnya kemerah-merahan dankalau ketawa cekung pipinya. O, dia pernah jadi saingan kuat dengan Zainab yang egoistis. Bedanya dengan Zainab, mata Umi teduh seperti laut dan kalau memandang terasa sekali merampas dada. Rambutnya hitam mengombak, sama hitamnya dengan rambut Fatimah anak Haji Ma’ruf itu.

Perbandingan pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut adalah ….

Kutipan Cerpen 1
Kutipan Cerpen2
A
diawali dengan perkenalan latar tempat
diawali dengan perkenalan tokoh
B
diawali dengan perkenalan latar tempat
diawali dengan perkenalan latar suasana
C
diawali dengan perkenalan tokoh
diawali dengan perkenalan latar tempat
D
diawali dengan perkenalan tokoh
diawali dengan perkenalan latar suasana
24.    Perhatikan kalimat berikut!
Untuk membunuh rasa bosan dalam perjalanan saya- berselancar di media sosial: Instagram, whatsapp, atau twitter.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A.  titik dua(:) tidak dipakai pada perincian langsung
B.   koma (,) tidak dipakai untuk pemerincian
C.   titik (.) tidak dipakai untuk mengakhiri kalimat pemerincian.
D.  tanda hubung (-) tidak dipakai untuk memisahkan subjek dan perdikat

25.    Cermati kalimat berikut!
Tubuhnya [...] terhadap penyakit cacar karena telah disuntik anticacar.

Istilah kesehatan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. erupsi
B. infeksi
C. imun
D. steril

26.    Perhatikan kalimat berikut!
Barmin memperdalam ajaran agamanya [...] imannya meningkat.
        
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. dan
B. untuk
C. agar
D. kemudian
           
27.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif.
(2) Klik menu “Turn Off Computer”.
(3) Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Desktop.
(4) Diamkan beberapa saat hingga kompoter padam.
(5) Pada kotak dialog “Turn Off Computer”., klik tombol “Turn Off”.
(6) Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik.
(7) Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor.
(8) Tutup dengan penutup.
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi teks prosedur yang padu dengan urutan nomor ….
A.  1 – 2  – 3 – 4 – 5 –  7 – 6  – 8
B.   1 – 2  – 4 – 3 – 6  – 5 – 7  – 8
C.   1 -  3  – 2 – 4 – 5  – 7 – 6  – 8
D.  1 – 3  – 2 – 5 – 4 –  7 – 6  – 8 
28.    Cermatilah paragraf berikut!
Ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggung jawab bersama antara pihak kepolisian dan pengguna jalan. Pengguna jalan memiliki kewajiban mentaati peraturan lalu lintas. Pengguna jalan tidak boleh menerobos lampu merah dan rambu lalu lintas. [...] Terhadap hal ini polisi berkewajiban memberi teguran atau sanksi kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran.
        
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Hal ini dapat mencelakakan pengguna jalan yang lain.
B. Bisa jadi pengguna jalan akan celaka.
C. Pengguna jalan telah melanggar tata tertib berlalu lintas.
D. Polisi mengawasi pelaku yang melanggar peraturan lalu lintas.

29.    Bacalah kalimat berikut!
Buku pendidikan karakter di sekolah diterbitkan oleh pt jepe press media utama.

Perbaikan yang tepat penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A.    Buku “pendidikan karakter di sekolah” diterbitkan oleh PT JePe Press Media Utama.
B.     Buku PendidikanKarakterdiSekolah diterbitkan oleh PT  JePe Press Media Utama.
C.     Buku PendidikanKarakterDiSekolah diterbitkan oleh PT  JePe Press Media Utama.
D.    BukuPendidikanKarakterdiSekolah diterbitkan oleh PT  JePe Press media utama.

30.    Cermati data laporan berikut!
·      Kegiatan memancing
·      Waktu pelaksanaan     : Sabtu, 27 Januari 2018
·      Tempat kegiatan          : Kolam Ikan Sehat, Parung Panjang
·      Peserta lomba              : Perorangan
·      Pemenang                    : Juara I diraih Rendi, juara II Irfan, juara III diraih  Rangga

Laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah …
A.  Sabtu, 27 Januari 2018 telah dilaksanakan lomba memancing bagi masyarakat umum. Lomba tersebut diadakan di Kolam Ikan Sehat, Parung Panjang. Para pemenang selain mendapat ikan yang diperoleh juga mendapatkan hadiah uang.
B.  Sabtu, 27 Januari 2018 telah dilaksanakan lomba memancing bagi masyarakat umum. Lomba tersebut diikuti oleh  masyarakat di sekitar Parung panjang.  Pelaksanaan sampai menjelang sore. Para pemenang selain mendapat ikan yang diperoleh juga mendapatkan hadiah uang.
C.  Lomba memancing ikan diadakan pada Sabtu, 27 Januari 2018 di Kolam Ikan Sehat, Parung Panjang. Peserta lomba perorangan. Pemenang dalam lomba tersebut, juara I diraih oleh Rendi, juara II Irfan, dan juara III diraih oleh Rangga.
D.  Lomba memancing akan dilakukan di kolam Ikan Sehat, Parung Panjang. Lomba ini diikuti oleh masyarakat sekitar Parung Panjang. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah ikan hasil pancingan dan uang.
31.    Bacalah teks berikut!
(1) Proses perkembangan gawai di kalangan remaja meningkat pesat. (2) Proses itu berkembang secara perlahan dan tidak disadari oleh mereka. (3) Bagi mereka gawai bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi, tetapi dijadikan sebagai ajang bergengsi untuk selalu mengikuti tren baru dari maraknya gawai yang menjadikan sebagai gaya hidup. (4) Kesenjangan sosial terjadi di kalangan bawah, menengah, dan atas. (5) Dampak negatif kesenjangan sosial tersebut ialah menumbuhkan sifat malas, ketidakpuasan terhadap sesuatu, mudah putus asa, kecemburuan sosial, dan kriminalitas. (6) Untuk itu perlu adanya kontrol mengenai fungsi utama menggunakan gawai. (7) Gawai merupakan sebuah inovasi dari teknologi terbaru dengan fitur terbaru yang memiliki fungsi praktis dan lebih berguna.

Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (6) dan (7)

32.    Perhatikan paragraf berikut!
(1) Pantai Gili Terawangan berada di wilayah Lombok. (2) Pantai ini memiliki tata keindahan alam laut yang dapat memancing kedatangan wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. (3) Khusus bagi mereka yang hobi menyelam, Pantai Gili Terawangan sekan merupakan akuarium alam ukuran raksasa. (4) Pantai Gili Terawangan tempat yang cocok untuk beternak penyu.

Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut ditandai nomor…
A.  4
B.   3
C.   2
D.  1

33.    Perhatikan kalimat berikut!
Terlalu sering mengonsumsi junk food atau makanan dengan [...] lemak jenuh tinggi, berisiko memicu timbulnya batu empedu.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A.  dikandung
B.   kandungan
C.   terkandung
D.  mengandung



34.    Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintah akan menggalakkan kembali kegiatan … agar pembangunan dapat dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A.  imigrasi
B.  emigrasi
C.  urbanisasi
D.  transmigrasi

35.    Cermati teks berikut!
(1)Peningkatan minat baca daripada anak akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. (2) Untuk itu orang tua juga memiliki peran penting  untuk menumbuh kembangkan minat baca anak. (3) Misalnya disediakan pojok baca yang menarik di dalam kamar anak. (4) Dengan demikian akan tumbuh minat baca anak tersebut.

Perbaikan kalimat pertama (1) supaya menjadi efektif adalah menghilangkan kata ….
A.  baca
B.   minat
C.   daripada
D.  berpengaruh

36.    Cermati paragraf berikut!
Indonesia kini memiliki empat destinasi menarik; Danau Toba, kawasan Candi Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Keempat lokasi pelesir tersebut patut menjadi fokus percepatan industri pariwisata. Oleh karena itu, setiap warga Indonesia perlu mengkampanyekan empat lokasi tersebut.
        
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik koma (;) pada paragraf tersebut adalah .…
A. mengikuti kata yang merupakan pernyataan diikuti pemerincian
B. digunakan untuk memisahkan perincian yang satu dengan yang lain
C. dipakai untuk menggantikan kata penghubung dan
D. memisahkan bagian pada kalimat majemuk setara











37.    Cermati teks prosedur berikut!
Anda dapat menyaksikan gerhana matahari dengan kacamata gerhana. Jika tidak memiliki kacamata gerhana, Anda bisa membuatnya. Berikut cara membuat kacamata gerhana.
(1)  Sediakan bahan dan alat berupa kertas karton yang kuat, negatif film hitam-putih, cutter atau gunting, serta lem.
(2)  Buatlah pola kacamata dengan karton sesuai ukuran mata Anda lalu potonglah.
(3)  Warnai pola dengan cat air tepat di tengah yang ditandai dengan garis putus-putus.
(4)  Lubangi karton yang sudah dibuat pola pada bagian mata kiri dan kanan.
(5)  Potong negatif film sesuai ukuran lubang pada karton, kemudian rekatkan dengan lem pada lubang karton tersebut.
Selamat mencoba!

Alasan ketidakpaduan teks prosedur tersebut adalah ....
A. pernyataan umum tidak berhubungan dengan langkah-langkah
B. penutup tidak menggambarkan topik tentang kacamata gerhana
C. kalimat ketiga pada teks tidak koheren dengan kalimat sebelum dan sesudahnya
D. langkah kegiatan dan penutup tidak berhubungan langsung

38.    Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)      Penyebaran Islam masuk ke keraton, khususnya Kraton Yogyakarta dan Kraton Solo.
(2)      Pantai-pantai di kepulauan Seribu sudah berkurang keindahan dan keasriannya.
(3)      Hadirin serentak berdiri setelah mengetahui presiden masuk ruangan.
(4)      Nenek menempati rumah yang berada di Jalan Sunan Bonang 12, Jambi.

Penggunaan ejaan yang tidak tepat ditunjukkan nomor ….
A.  (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.  (4)

39.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 
(1)      Sebelum mengikuti ujian saya membeli alat tulis, bolpoin, penggaris, dan pensil.
(2)      Saya dapat menjawab soal-soal UN itu karena saya belajar dengan rajin.
(3)      Jumlah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah empat puluh pilihan ganda dan lima esai.
(4)      Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1, 2, dan 3 termasuk soal yang mudah.

Kesalahan penggunaan tanda baca  terdapat pada kalimat nomor …
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)

40.    Cermati kalimat berikut!
Kemampuan negara dalam menguasai [...] informasi merupakan hal esensial.

Kata dengan ejaan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.   tehnologi
B.    teknologi
C.    tekhnologi
D.   teknoloji

II.           URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan tepat!

41.         Bacalah kedua kutipan teks laporan berikut!
Teks I
SMP Insan Kamil merupakan sekolah yang terletak di daerah Kembangan Jakarta Barat. Di sekolah tersebut terdapat habitat benda hidup (biotik) dan tidak hidup (abiotik). Benda hidup terdiri atas tanaman hias dan pepohonan. Tanaman hias itu sendiri berada di semua kelas dan di depan kantor kepala sekolah. Jenis tanaman hias yang ada di sana antara lain mawar, melati, anggrek, kembang sepatu, dan Bougenville. Tak jauh dari ruang kepala sekolah di sepanjang pinggir halaman terdapat pohon menjulang tinggi antara lain pohon mangga, pohon beringin, dan bambu kuning.
Teks II
SMPN 4 Tasikmalaya mengadakan kunjungan wisata ke Jogja pada tanggal 25 Oktober 2016 selama dua hari satu malam. Kunjungan tersebut kami tempuh dengan menggunakan bus pariwisata. Dari Tasikmalaya ke Jogja memerlukan waktu 8 jam. Kami dijadwalkan berangkat tanggal 25 Oktober pukul 09.00 WIB. Setelah semua siswa berkumpul, kami baru berangkat pukul 09.15 karena pengecekan peserta dan doa bersama demi keselamatan dalam perjalanan. Setelah melalui perjalanan yang mengasyikan kami tiba di lokasi pukul 17.15. Setelah sampai di lokasi penginapan, kami diizinkan untuk melakukan kegiatan pribadi sampai dengan pukul 19.00. Selanjutnya, kami diajak jalan-jalan ke daerah Malioboro, melihat pentas seni jalanan yang sudah biasa digelar setiap hari.

Tulislah perbedaan pola penyajian teks laporan tersebut disertai alasan jawabanmu!






42.         Cermati kutipan resensi buku berikut!
Novel Ayah, Menyayangimu Tanpa Akhir ini bertema sosial keluarga. Novel ini menampilkan tokoh utama Juna sebagai orag tua tunggal bagi Mada, anak laki-laki satu-satunya. Kepergian istri adalah kenyataan sehingga tokoh Juna harus melanjutkan hidup dan membesarkan anaknya. Secara keseluruhan ceritanya menarik, ada pesan moral yang bisa diambil. Novel ini juga mengajarkan kita akan berharganya waktu. Dari segi ejaan dan bahasa, terdapat kata-kata yang penulisan hurufnya kurang, ada dialog yang menggunakan bahasa daerah, menggunakan kosa kata asing tanpa terjemahan, dan ada kata-kata yang sering diulang. Selain itu,sampul novel ini terkesan kurang menarik karena pewarnaannya kurang tajam.

Tuliskan keunggulan novel sesuai kutipan resensi tersebut!

43.         Cermati teks wawancara berikut!
Pewawancara       : Menurut Bapak mengapa menuntut ilmu itu penting?
Pak Andi              : Ilmu dapat membuat sesorang dari tidak tahu menjadi tahu.     
Dengan ilmu dapat meningkatkan derajat kita di mata 
Tuhan dan manusia.

Ubahlah teks wawancara tersebut menjadi teks eksposisi!

44.         Bacalah kutipan teks berikut!           
(1) Gunung Prau terletak di tiga kabupaten yakni Wonosobo, Banjarnegara dan Kendal. (2) Gunung ini selalu menjadi incaran pendaki saat mengunjungi Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. (3) Selain menjadi puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng, banyak faktor yang menjadikan gunung ini menjadi favorit para pendaki. (4) Siapa yang tidak tahu Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo.

Perbaiki kalimat nomor (4) menjadi kalimat efektif!

45.         Cermatikalimatberikut!
sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam letak geografis jumlah penduduk dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan katanya
        
Tuliskan kembali kalimat di atas dengan menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat!


Menghendaki Contoh Soal USBN SMP Bahasa Indonesia lainnya? Kawan pakguru.id bisa lihat di sini




No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top