Blog tentang Pendidikan, Guru, Pembelajaran, dan Sekolah

Tuesday, January 23, 2018

Cara Mudah dan Sederhana Sharing Komputer/Laptop Untuk Pengerjaan E-Rapot & PMP

E Rapor dan PMP seringkali membuat Operator Sekolah jengkel. Apa pasal? lantaran banyaknya input yang harus dilakukan, sementara deadline yang diberikan terlalu mepet. Permasalahan itu dapat diatasi dengan sharing komputer, jadi pekerjaan input yang sekian banyak dapat dikerjakan oleh beberapa komputer sekaligus sehingga pekerjaan jadi lebih ringan dan cepat.
Lalu bagaimana cara sharing komputer? "Rumit" "Susah" "Repot" itu komentar yang sering muncul. Tetapi dengan cara yang akan pakguru.id bagikan berikut ini,sangat simpel dan dapat dapat dikerjakan oleh siapa saja (asal belajar hehe)
Langsung aja ya...
  1. Pertama siapkan laptop yang akan disharing sebagai komputer server. Komputer ini adalah komputer yang terinstall dapodik/e-rapor/PMP. Buka dan lihat Ip dari komputer/laptop tersebut. Caranya masuk RUN. Melalui logo windows di kiri bawah atau dengan menekan tombol logo windows dan huruf R secara bersamaan, seperti gambar di bawah ini 
  2. Ketik CMD pada kolom Run tersebut, lalu klik Enter
  3. Lalu akan terbuka jendela seperti di bawah. Kemudian ketik 'ipconfig' dan tekan Enter, sehingga akan muncul data Ip komputer server tersebut seperti pada gambar
  4. Langkah selanjutnya tinggal menuliskan alamat Ip komputer server ke alamat url komputer klien/komputer yang akan digunakan untuk sharing pengisian e-rapor/PMP.
  5. Klik Enter dan selesai...

No comments:

Post a Comment