CARA MEMOTONG KUKU

Pada artikel kali ini, BerGURU akan membahas tentang tata cara memotong kuku. Kuku merupakan bagian ujung jari manusia. Sifatnya keras menyerupai tulang. Hanya saja kuku dapat tumbuh memanjang sebagaimana rambut manusia. Karena sifatnya yang selalu tumbuh, maka memotong kuku merupakan kebutuhan yang sudah menjadi rutinitas tiap manusia.
Memotong kuku juga menjadi hal yang disunnahkan dalam ibadah agama Islam. Memotong kuku disunnahkan sebelum seseorang melaksanakan sholat Jumat. Selain memotong kuku, seorang muslim juga disunnahkan merapikan rambut, jenggot, dan bulu pada tempat-tempat tertentu pada hari Jumat.
Adapun hal-hal selain memotong kuku yang juga disunnahkan dalam ibadah sholat Jumat adalah:
1.       Mandi dan membersihkan diri
2.       Memakai pakaian putih
3.       Memakai wewangian.

Baca : 4 Hal yang Dilakukan Sebelum Sholat Jumat

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimanakah cara memotong kuku yang dianjurkan oleh agama Islam? Jika anda berpikiran seperti itu, tenang saja. Anda tidak perlu pergi ke salon kecantikan untuk menjalani pedicure dan menicure agar dapat pahala sunnah. Hehe becanda.
Langsung saja, berikut ini adalah anjuran tata cara memotong kuku yang BerGURU peroleh dari Syaikhina KH. Ma’ruf Irsyad rahimahullah,  salah satu ulama kharismatik yang rendah hati dari Kudus.
Memotong kuku dimulai dari tangan kanan terlebih dahulu. Yakni dimulai dari memotong kuku jari kelingking, kemudian dilanjutkan jari tengah, dan setelah itu ibu jari. Setelah ibu jari, kemudian jari manis dan diakhiri dengan jari telunjuk.
Setelah itu, berpindah ke tangan kiri. Dimulai dari memotong kuku ibu jari, dilanjutkan dengan jari tengah, lalu berpindah ke jari kelingking. Setelah itu dilanjutkan jari telunjuk dan diakhiri dengan jari manis tangan kiri kita. Agar lebih jelas tentang cara memotong kuku jari tangan, bisa dilihat pada gambar dibawah ini (nomor pada ujung jari adalah nomor urutan pemotongan kuku).

Untuk tata cara memotong kuku jari kaki, maka dimulai dengan kuku jari kaki yang paling kanan. Kemudian dipotong secara urut ke arah kiri. Begitu juga untuk kuku jari kaki yang sebelah kiri, dipotong secara urut dari arah  kanan ke sebelah kiri.

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter