4 Hal yang Dilakukan Sebelum Sholat Jumat

Bagi seorang muslim, sholat jumat merupakan kewajiban yang harus dilakukan tiap pekan. Ketika seseorang sudah memenuhi syarat wajib sholat jumat, maka ia dikenakan kewajiban untuk melaksanakan sholat jumat. Adapun syarat wajib sholat jumat tersebut adalah:
1.       Beragama Islam
2.       Baligh (dewasa)
3.       Berakal sehat
4.       Laki-laki
5.       Sehat, artinya ia mampu untuk melaksanakan sholat jumat
6.       Mukim, artinya ia tidak sedang dalam perjalanan.

Sementara itu, bagi orang yang tidak memenuhi syarat tersebut di atas, masih diperkenankan untuk mengikuti sholat jumat, meskipun tidak diwajibkan, seperti para wanita, dan anak kecil. (kecuali untuk syarat nomor satu, maka harus dipenuhi sebelum melaksanakan sholat).

Ketika syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi, maka orang tersebut wajib melaksanakan sholat jumat. Namun ada beberapa hal yang harus dilaksanakan seseorang yang hendak melaksanakan sholat Jumat. Meskipun hal-hal tersebut bersifat sunnah, akan tetapi sebaiknya dilakukan oleh seseorang yang akan sholat jumat. Hal-hal tersebut adalah:

1. Mandi
                Seseorang yang hendak sholat jumat, disunnahkan mandi terlebih dahulu. Waktu pelaksanaan mandi dimulai saat fajar pada hari jumat sampai saat akan dilaksanakan sholat jumat. Namun yang paling utama, mandi jumat dilakukan saat akan berangkat sholat jumat. Adapun tata cara mandi sholat jumat, sama dengan mandi lainnya, yakni dengan mengalirkan air diratakan ke seluruh tubuh.

2. Memakai pakaian berwarna putih
                Memakai pakaian yang berwarna putih merupakan hal yang disunnahkan dalam melaksanakan sholat jumat. Sholat merupakan ibadah yang sangat intim bagi seorang hamba bersama Tuhannya, oleh karena itu hendaknya dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, tak terkecuali dalam hal pakaian. Sholat jumat yang dilaksanakan secara berjamaah tentu saja mengandung konsekwensi bahwa seorang yang ikut terlibat dalam sholat jamaah tersebut hendaknya ikut menjaga suasana kekhusyukan sholat. Belum lagi jika kita bicara tentang adab/sopan santun dalam berpakaian. Ketika hendak menghadap seorang presiden saja ada aturan kesopanan yang harus dipenuhi, apalagi saat akan melapor pada Sang Pencipta??!

3. Memotong kuku
                Memotong kuku, merapikan jenggot dan rambut merupakan rutinitas bagi setiap orang. Frekuensinya pun bisa bervariasi. Ada yang seminggu sekali, ada yang dua minggu sekali, bahkan ada yang melakukannya seminggu dua kali. Islam memberikan tuntunan untuk  menjalani rutinitas tersebut pada hari jumat. Waktu pelaksanaannya adalah sebelum berangkat ke masjid untuk sholat jumat. Untuk tata cara memotong kuku akan dibahas pada postingan berikutnya.

4. Menggunakan wewangian

                Orang yang hendak melaksanakan sholat jumat juga disunnahkan memakai wangi-wangian. Diutamakan wewangian yang tidak terlalu menusuk hidung agar kekhusyukan sholat dapat terjaga. Sebagai catatan, pemakaian wewangian ini memang seharusnya tidak terlalu mencolok. Saya pribadi pernah mengalami sholat berdampingan dengan orang yang memakai wewangian terlalu menusuk hidung. Hal demikian menjadikan sholat terganggu kekhusyukannya. Oleh karena itu, pemakaian wewangian harus memperhatikan kepentingan orang lain juga.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter